Senin, 27 Oktober 2014

Sehari sebelum Hari Sumpah Pemuda

Hari Bloger itu apa sieh?

                                My Little Boy Emir lg ngintip blognya di www.dsjunior.net

Saya kadang bertanya, hari Blogger itu apa sieh? hari perayaan nasional apalagi yang ditentukan oleh pemerintah dibulan Oktober setiap tahunnya? mengingat tanggal 27 Oktober untuk untuk kelender tahun ini bukanlah bertanggal merah *dasar mental libur :)

Terus yang masuk kategori blogger itu yang bagaimana?
Banyak pengulasan tentang blogger yang terserak di lini maya. Blogger mungkin adalah orang  yang lebih mampu menumpahkan isi kepalanya secara non verbal dalam bentuk tulisan mengenai suatu pandangan suatu peristiwa dan menasbihkannya dalam laman weblog hingga bisa terbaca oleh khalayak pengguna jasa net?. terus kalau orang yang hanya mengcopy paste suatu rangkuman tulisan milik orang lain hingga webnya ramai dikunjungi untuk mengejar pagerank, jualan produk dalam bentuk penyajian personal blog hingga disebut blogger? Mungkin bisa juga seperti itu.

Sekarang ini, perkembangan blog cukup pesat. Blog blog semakin menancapkan perannya sebagai representasi dari eksistensi seseorang. mau contohnya: Blog yg menurut saya bagus itu seperti blognya bpk Nukman Lutfie, pemerhati medsos di blognya Sudut Pandang Dot Com. Secara ringan ia dapat mengungkapkan ide, pandangan dan sudut pandangnya dengan santai dan style sendiri sehingga mampu berbagi ilmu dan pandangan terhadap para pembaca.

Dengan blog, seorang dapat berkiprah lebih luas lagi, seorang raditya dika, dee atau mungkin juga bapak blog Indonesia Enda Nasution bisa jadi tak akan seperti sekarang ini lewat tulisan tulisan mereka di personal blog. Kalo saya pribadi sieh sebenarnya masih malu menyebut diri seorang blogger. Menurutku seorang blogger itu gampang gampang susah, soalx harus tulus dan mempunyai waktu dan kemampuan untuk mengeluarkan uneg-uneg, berkomunikasi nonverbal dan tau apa yang akan ia tulis. Seorang Blogger juga dominan bersifat memorable. Karena mereka senang menyimpan kenangan dalam bentuk tulisan. Mengingat eksistensi jumlah tulisan, kurang aktifnya dalam beberapa kopdar serta event perayaan blogger yang masih bisa dihitung jari. indikator yang akhirnya meratingkan diri sampai sekarang ini belum layak tuk menyandang predikat blogger secara summa cum laude. 

Padahal mau dibilang telat ngeblog ngg juga sieh. Tertarik nulis malah dari SMP. Saat masih bercelana biru pendek biru, kerap dah sering merepotkan diri dalam ekskul mading dan karena melihat masih ada ruang kosong didinding mading yang belum terisi akhirnya saya mengisinya dengan membuat satu dua puisi 'nyampah untuk mengisi kekosongan ruang itu.Terserah ada yang baca atau tidak yang penting madingnya full.

Barulah sekitar pertengahan tahun 2007 saat masih bekerja disebuah perusahaan otomotif dan nyambi sebagai penyiar radio pemberitaan swasta, saya tertarik untuk ikut ngeblog karena saat itu orientasi awal adalah dengan membuat blog, produk yang dipasarkan dapat terpromosikan secara online. Blog pertama cukup sukses sieh. namanya http://www.toyotague.com. Dari teknisnya masih 80% dibantu oleh rekan Yudi dan Emji. Meskipun sekarang personal web itu sudah tinggal kenangan alias dibanned dikarenakan ketidakmampuan membagi waktu dalam mengurus blog, kefrustasian dan kendala teknis yang terbatas. 

Sampai akhirnya ngeblog ini keterusan dan saya pun terperangkap dalam keasyikan dalam menuangkan ide. Seperti anak yang mendapatkan mainan baru, kapan dan dimana saja saya mulai berusaha menyempatkan waktu untuk sekedar blog walking atau membuat beberapa catatan diblog. Dunia blog menjadi candu saat itu dimana sosoknya hadir sebagai teman pelipur lara saat waktu senggang di indekost kabupaten. Menjadi sahabat bersama tuk sekedar membunuh malam malam sunyi dan keterpenjaraan waktu, meskipun sampai saat itu masih menjadi seorang 'blogger' yang passif, jus a stalker dan terkadang memposisikan diri sebagai hantu milis. Hanya menyimak percakapan milis dari dusun yang sepi.

Untungnya jauh sebelum jaman media laman socmed booming seperti sekarang ini, beberapa link komunitas sudah menfasilitasi ruang diskusi dan koment, sarana tuk berbagi komentar mengenai suatu catatan yang diunggah lewat bantuan admin situs berita. Salah satunya adalah http://www.panyingkul.com - Jurnalisme orang biasa yang entah sekarang akhirnya ikut tergerus mati suri seiring gaung berbagai pilihan socmed.

Dan akhirnya berangkat dan belajar dari media panyingkul dot com serta ikut bergabung dalam milis komunitas blogger anging mamiri makassar; tempat kumpulna blogger makassar, saya semakin intens dan mulai berkenalan dengan teman baru, berbagi cerita dan mencoba mengecap karakter mereka lewat rasa tulisan yang disuguhkan serta warna yang tersirat dari pesan yang ingin disampaikan. Pola pikir yang terasah sumbangsihnya justru dari hasil celutukan celutukan milis dan koment dari blog walking.

Tak ingin berpanjang lebar mengenai flasback awal mula ketertarikan ngeblog, sebenarnya hari ini saya malah ingin menuliskan sesuat yang menurut saya layak dan harus saya buatkan catatan tepat dihari penanggalan 27 Oktober 2014 yang bertepatan dengan hari blogger indonesia. 

Sekali lagi bukan karena latah ingin membuat postingan tepat dimoment special para blogger, juga karena merasa hiatus, lama tak ngeblog lagi dan diawal sebelum nulis tadi malah lebih ingin membuat catatan kenangan terhadap Alm. Asdar Muis RMS- Wartawan dan budayawan Makassar, salah seorang yang saya dapat sebutkan saja seorang kawan yang sampai di akhir hayatnya belum mengenal saya dengan baik, dan saya juga belum mengenalnya secara utuh. Juga beberapa uneg serta harapan dengan pelantikan kabinet kerja dibawah kepemimpinan presiden Jokowi yang baru saja dilantik sehari sebelum hari blogger dan dua hari sebelum hari sumpah pemuda.

Saya berjanji akan menuliskannya dikesempatan mendatang. Tak apalah sedikit pengantar tulisan dihari ini, setidaknya ini bisa dijadikan sebagai bukti bahwa sebenarnya saya masih setia untuk ngeblog, mencitai dunia ini dan ingin terus menulis sampai tak mampu lagi menulis.

Selamat hari Blogger Indonesia ke-7 di tahun 2014 

Tidak ada komentar: